Ini 7 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Discussion in 'Pamer - Tantangan' started by matrixshop, May 17, 2018 at 11:17 AM.

  1. matrixshop

    matrixshop New Member

    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Tak hanya memelihara kesehatan badan, menjaga kesehatan mental juga sangat mutlak dilakukan. Berperan sebagai pusat emosi yang dapat memengaruhi sikap seseorang, kesehatan mental yang tidak dijaga dapat menyebabkan depresi, stres berkepanjangan, hingga terjangkit beberapa penyakit tertentu seperti alzheimer dan demensia.

    Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan mental yang kuat. Mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, hingga mengkonsumsi makanan sehat. Lantas, makanan apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan mental? Yuk, simak ulasannya!

    1. Wortel


    Memakan wortel secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres. Sayuran berwarna oranye ini kaya akan beta karoten dan antioksidan. Kedua zat tersebut kerap dikaitkan dengan kesehatan mental karena dapat memberikan efek positif, sehingga otak terhindar dari risiko penyakit yang berasal dari efek radikal bebas.

    2. Pisang

    Pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Tinggi akan kalium, pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dengan cara membantu memaksimalkan kinerja otak. Pisang juga bermanfaat untuk mengontrol suasana hati dan nafsu makan, menjaga otak agar tetap fokus, serta menajamkan memori.

    3. Apel

    Dilansir Boldsky, mengkonsumsi apel bersama kulitnya juga diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Apel dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan menjaga otak agar terhindar dari penyakit alzheimer. Selain itu, buah manis ini juga bermanfaat untuk mengurangi reaktif oksigen dalam jaringan otak dan juga meminimalisir risiko penurunan mental pada anak.

    4. Bayam

    Sayuran berwarna hijau seperti bayam sangat tinggi akan asam folat yang baik untuk otak. Bayam diketahui dapat meningkatkan kemampuan mental dan mempertajam memori jangka pendek. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan depresi, kelelahan, dan insomnia. Bukan itu saja, menyantap bayam setiap hari juga dipercaya dapat mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat.

    5. Buah merah Papua

    Buah merah Papua dikenal mengandung kandungan nutrisi dan antioksidan yang cukup melimpah. Antioksidan tersebut dinilai dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Buah merah juga merupakan sumber asam folat atau vitamin B9 yang baik, yang sangat penting untuk memelihara fungsi otak dan sekarang juga sudah dalam bentuk softgel bernama Redoten.

    6. Selada

    Menyantap selada secara rutin juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mental. Diperkaya dengan tiamin, vitamin B6, zat besi, dan potasium, selada akan membantu menurunkan risiko cacat mental dan mencegah demensia. Selada juga minim akan lemak jenuh, sehingga sangat baik disantap untuk mengontrol diabetes dam menyukseskan program diet.

    7. Aneka jenis jeruk

    Beragam jenis jeruk seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk balik berkhasiat meningkatkan kesehatan mental. Flavonoid yang ada di dalam buah jeruk dapat membantu menangkal penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Tak hanya itu, jeruk juga kaya akan antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit yang menyerang tubuh.
     

Share This Page